Buruh IT

Berawal dari sebuah kopi pagi seperti biasa. Hangat kopi dengan sedikit dingin di pagi hari. Di ruang tamu kosan, masih di kosan. Ku ambil leptop dan gitar, kumainkan 1 dan 2 lagu hingga beberapa lagu sembari melihat chord-chord lirik lagu nuansa pagi. Seorang teman pun datang dengan wajah yang baru saja bangun dari mimpi indahnya.

Perbincangan itupun dimulai, dari sebuah kata hingga merangkai kata yang kadang berulang-ulang hingga tak tahu harus memulai topik apa lagi. Menyanyikan lagu Sejenak, ku buka kembali blog saya yang lama. Teman saya ini, bukan seorang IT people. Dia adalah seorang yang mempunyai pengetahuan tentang financial yang begitu luas dan mahir. Terkadang dia ingin belajar tentang apa yang namanya IT.

"Bro, bikinlah tulisan cara menjadi IT engineer". Terbesit dalam pikiran saya, yang ternyata masih banyak juga orang yang ingin menjadi seorang IT engineer. Well, saya coba putar kembali lagu Coldplay "Up&Up". Diakhir dari lagu tersebut ada 1 baris kalimat yang sangat bermakna sekali di dunia IT. "Dont ever give up". Dunia IT dan dunia saya, seolah adalah paksaan yang harus di jalani karena skill dan pendidikan yang berbasis pada suatu kemajuan dunia.

2007 lulus SMP negeri di daerah Jawa Timur, Ngawi. Bahkan, step untuk mematikan komputer pun saya tak tahu. Pencapaian terbaik saya adalah menekan tombol power off dan yeah, saya berhasil mematikan sebuah komputer dan saya, saya sangat bangga. Hanya saja, itu adalah nilai jelek dalam kenyataanya. Sedangkan sekolah saya adalah suatu keterbatasan fasilitas yang harus bergerak maju untuk menghadapi perkembangan jaman.

Lulus dari SMP masuklah saya ke sekolah yang membuat hidup saya berubah 100%. Dari seorang yang hanya bisa mematikan komputer menjadi seorang yang bisa membuat program komputer itu sendiri. I loved that moment. I was young, i was good, i was on fire, i was fresh and i had everything on my mind. Dimulai dari NOL dan ayolah kita belajar IT.

Intinya, IT itu tidak susah, dalam pemikiran saya, IT itu hanya ada 1 dan 0 atau YA dan Tidak. You know, how the simple it is. Logikanya adalah ilmu IT itu membuat kita berpikir untuk memecahkan masalah dengan menggunakan banyak cara , berbagai cara dan jangan terpaku oleh pemikiran jaman dulu yang hanya bertumpu 1 cara yang bahkan kadang cara itu tidak pasti bisa memecahkan masalah.

And now, what's the tips ? .

Sebagai orang yang mau bekerja di IT, anda harus rela berkorban dengan gaji yang sedikit di awal. Inilah yang terjadi ditahun 2008-2012. Perusahaan hanya memberikan gaji yang sangat minim dan mentok adalah selisih 1 juta dari UMR. Then, inilah cara kita bertahan. Dan kali ini, IT mengajarkan saya bagaimana memperolah uang dengan cara lain. Tahun ke tahun IT akan merubah hidup Anda, IT seolah-olah menjelma sebagai ilmu yang paling dicari karena iming-iming gaji yang sudah di atas rata-rata.

Selanjutnya, berpikirlah yang bebas. IT itu bukan untuk dipikir tapi lakukan. Setiap orang selama ini hanya berpikir bahwa IT adalah bidang paling susah, salah besar. Anda hanya butuh lakukan itu dan berpikirlah. Bukan berpikir baru lakukan. Rasakan saja. Yang paling indah adalah, anda akan merasakan bahwa segalanya akan terlihat mudah setelah menguasainya.

IT itu bisa berisi berbagai kategori. Bagi anda yang berpikir cepat dan mempunyai logika yang di luar batas, anda adalah seorang programmer handal yang akan menjadi seorang System Analys dan dicari banyak perusahaan. Bagi anda, yang berpikir bebas dan IT itu adalah hal yang harus dinikmati, anda adalah seorang IT networking ataupun IT hardware, yang akan menjadi seorang IT Spesialis. So, carilah spesialismu dan fokus.

Saya adalah seorang IT engineer yang bergerak ke hardware. Ingat, IT itu luas. IT itu tidak hanya sebuah leptop , PC ataupun mobile phones. Ketika anda sudah menjadi seorang IT, setiap anda bertemu orang-orang yang notabene nya adalah orang lawas yang belum pernah mengemban ilmu IT. Maka, ketika HP mereka rusak, jangan kaget kalau anda yang bakal pertama kali di cari. That's it. Setdaknya anda sudah tahu dari internet untuk mengatasi HP tersebut.

Beberapa tips saya ini adalah murni dari pemikiran dan pengalaman saya selama ini. Mungkin bagi teman-teman yang IT engneer juga mempunyai tips yang berbeda-beda. Itu pasti, karena memang manusia adalah orang yang mempunyai suatu pendapat yang berbeda-beda. So, i love this IT so far. Maybe i will go from this IT if i got a good businees and make money by my own company.

Terimakasih.




Awan Argoho

Instagram