Jadilah Orang yang Tetap Kelihatan Baik

Ini adalah pengalaman saya yang sangat berharga. Setidaknya, saya adalah orang yang beruntung yang sangat percaya diri bahwa saya adalah seorang manusia. Bersyukurlah karena Anda diciptakan oleh Tuhan dan percayalah bahwa Anda orang yang selalu diberi nafas kebahagiaan setiap harinya.

Hidup kadang lebih seperti Anda harus mencari seseorang untuk menjadikan dia sebagai sahabat, teman, keluarga dan bahkan pasangan hidup. Ya, seperti itulah hidup. Belajar dari pengalaman, janganlah Anda mencari musuh, namun jika anda bertemu, jangan pernah sekalipun Anda lari. Sesuatu yang sangat berharga yang pernah saya dengar dari perkataan orang tua saya. Dari situ saya belajar, bahwa memang sebenarnya kita tidak mempunyai musuh. Hanya saja, kadang Anda berpikir bahwa manusia yang kelihatan buruk akan selalu buruk jika belum mengenal orang tersebut.

Jaman sekarang, apa yang tidak di pikir buruk oleh orang lain. Kita makan di warteg aja, di bilang miskin padahal warteg porsi nya lebih banyak dari KFC. Mungkin hanya contoh kecil hal seperti itu bisa terjadi. Pada umumnya manusia di ciptakan dengan kondisi dan kapasitas masing-masing. Tak jarang ada yang bilang bahwa, kapasitasmu adalah dibawah atau diatas kapasitasku. Mungkin, maksud dari perkataan itu adalah sesuatu yang harus di ubah dan di perbaiki dari sikap kita ini. Anda pun akan lebih senang untuk menjadi orang yang berkapasitas melebihi dari seseorang yang sedang meremehkan diri kita. Dan gpp, itu adalah hal yang maklum dan sangat biasa di kota Jakarta.

Kembali ke tema tulisan ini. Kenapa saya selalu bilang, jadilah orang baik, ingat, orang baik sejelek-jeleknya akan mendapat kan teman yang awalnya baik. Dan disitu kemampuan Anda di uji. Kemampuan dan keburuntungan yang akan menjadi solusi dari pertemanan itu. Well, in case you are cheated by him, you can still alive without him. Itu yang saya maksud bahwa kapasitas Anda melebihi orang yang merasa lebih dari Anda. Kehidupan berharga akan saya simpan dalam roda hembusan nafas ini. Kata-kata yang indah dan motivasi-motivasi dari setiap perkataan orang akan selalu saya terima dan saya ambil hikmahnya. Terkadang, saya sendiri yang mengedepankan ego daripada perkataan orang lain yang seharusnya memang benar adanya. Inilah yang harus saya ubah cepat-cepat.

Untuk melakukan sesuatu yang baik, gunakanlah sedikit senyuman Anda di depan umum. Itu akan sangat bermanfaat sekali untuk orang lain dan diri Anda sendiri. Anda akan merasa puas melihat orang tersenyum balik karena senyuman kita. Dan itu terjadi pada saya. Namun, saya juga masih heran dengan sebagian orang-orang jakarta yang terkadang memperlihatkan raut wajahnya yang seperti marah-marah, emosi dan beraura negatif. Saat itu pula, saya ingin berkata, ayo dong Pak/Bu, keep smile, gratis kok senyuman itu. Namun, mungkin ada sesuatu yang membuat mereka kurang senyum dan Jakarta sangat macet. Mungkin saya hanya adalah orang yang tidak ada apa-apanya dibandingkan teman, saudara dan orang lain di jakarta ini yang mempunyai pengalaman lebih dan mungkin cobaan yang  lebih. Bahkan mungkin sebagian lagi akan membaca tulisan ini dengan senyuman khasnya. Saya hanya akan selalu berkata, dimanapun anda berada, Jadilah orang yang tetap kelihatan baik.

Ada banyak pengalaman saya yang saya yakini bahwa orang baik, akan dibalas dengan baik pula oleh Allah SWT. Saya sangat bersyukur sekali karena Allah SWT masih memberi sesuatu yang sangat baik dan memberikan keberuntungan untuk saya. Lakukanlah hal kecil dan saya merasakan balasan yang luar biasa dari Allah SWT. Dulu saya adalah orang yang selalu melihat keatas dan jarang melihat kebawah. Namun,  Allah masih memberikan kesempatan untuk berubah. Sekarang, saya sedikit merubah kehidupan saya. Saya mencoba akan selalu memberi kepada orang yang sangat membutuhkan. Saya akan coba hal baik dari hal kecil terlebih dahulu. Hanya Allah yang akan membalas semua ini. AAmiin.


Awan Argoho

Instagram